Welding Engineer atau Welding Inspector?

Beberapa hari yg lalu salah seorang adik tingkat saya bertanya.. Apa sih bedanya Welding Engineer (WE) dengan Welding Inspector (WI)? Terus sebagai calon fresh graduate jurusan Material Metallurgy sebaiknya saya ambil apa ya? Hmmm gimana gimana, meskipun sebenernya saya juga masih terbilang baru di bidang per weldingan, karena dia bertanya dan saya sedikit dikit tahu, truz saya coba kasih gambaran secara general sepengetahuan saya.

Sebagai seorang mahasiswa metallurgy sudah seharusnya akrab dengan istilah-istilah di atas. Karena itulah lingkup pekerjaan kita nantinya. Apalagi jika kita bercita-cita kerja di Oil and Gas, Petrochemical, Construction, Manufacturing, jadi Dosen atau Peneliti sekalipun. Bukannya apa, ini erat kaitannya dengan planning masa depan setelah lulus nanti. So semakin dini kita “ngeh”, semakin baik.

WE itu suatu profesi dimana kita bertugas mendesign, menghitung, menentukan jenis sambungan las yg akan di produksi oleh perusahaan kontraktor misalnya. Nah rincian design sambungan las itu tertuang dalam dokumen bernama WPS (Welding Procedure Specification). Di WPS ini banyak isinya, diantaranya terdapat:

  • Jenis material yg mau disambung. Low carbon steel kah, ato cast iron, ato stainless steel. Biasanya tercetak dalam bentuk code penamaan, misal SA-517, ASTM A36, dll
  • Model joint yg dipilih (butt joint, lap joint, corner, edge, atau Tee joint)
  • Ketebalan material.
  • Proses las yg digunakan (SAW kah, SMAW kah, GTAW kah, ato yg lainya). Proses las tentu akan mempengaruhi diameter, bentuk dan jenis elektroda yg digunakan
  • Apakah perlu pre heat atau postheat (PWHT), jika iya berapa temperaturnya.
  • Dan masih banyak lagi.

Tentu si WE lah yg harus bertanggungjawab terhadap kekuatan sambungan las tsb sehingga dia harus melakukan serangkaian pengujian untuk menjamin bahwa prototype sambungan las yg akan diproduksi benar-benar aman dan memenuhi suatu standar/code internasional (kenal khan sama ASME, ASTM, ato API). Oleh karena itu WPS harus dikualifikasi sebelum bisa digunakan. Cara mengkualifikasinya ya diuji pake dua metode, destructive test (DT) atau nondestructive test (NDT). Hasil pengujian dicantumin dalam PQR (Procedure Qualification Recod), isinya seperti nilai Yield Strength, Tensile strength, Electrical Characteristic, hasil Bend Test, dll dari sambungan yg diuji tadi. Setelah dinyatakan lulus, WPS bisa dipakai untuk produksi. Jadi kebayang kan kerjaanya? Kata orang sih boleh dibilang 60% di Office dan 40% di lapangan (kalo kita di dapet kerjaan di kontraktor).

Supaya bisa melakukan itu semua, WE harus punya ilmu dong. Maka bersyukurlah kita yg kuliah metallurgy karena udah diajarin mata kuliah Pengetahuan Bahan, Metallurgy, Heat Treatment, Heat Transfer, Finite Element Method, Gambar Teknik/Mesin, Mekanika Teknik, Corrosion and Corrosion control, dan Welding Technology. Ibaratnya kita udah punya basicnya, tinggal memperdalam aja. Jadi udah ada bayangan apa yg bakal dipelajarin pas ikut training WE yg kata orang luar biasa sulit. Yg dipelajarin ya mata kuliah-mata kuliah itu, hanya saja lebih banyak aplikasi dan penekanannya dalam hal pengelasan. Dimana trainingnya? Kalau di Indonesia setahu saya cuma ada setahun sekali, di B4T Bandung. Trainingnya terbilang lama, 4 bulan. Senin-Jumat (tiap 2minggu sekali, hari Sabtu masuk), jam 08.00 sd 17.00. Dan biayanya gak murah untuk ukuran kantong mahasiswa kebanyakan. Terakhir kalo gak salah 18juta (udah sama lunch, snack+coffe break 2x setiap harinya). Freshgraduate bole ikut, tapi kalo ntar kita lulus cuma dikasih copy sertifikat aja, sertifikat aslinya ditahan sampai kita punya experience min 3th di bidang welding. Kata temen saya sih berat kuliahnya. Yg ngajar dan nguji juga langsung orang-orang bule (sebagian Indonesia seh). Setelah lulus kita bakalan menyandang predikat Dipl of Eng, diakui internasional pula.

Truz gimana kalo WI? WI itu sebagai penanggung jawab masalah kualitas lasan. Semua variable pengelasan harus sesuai dengan WPS, PQR, dan Code yg telah ditetapkan sebelumnya. Jika pada suatu sambungan terjadi indikasi cacat maka tugas WI lah untuk menentukan dengan cepat apakah indikasi ini termasuk defect atau tidak. Jika iya, maka apakah masih dalam batas toleransi Code atau tidak. Jika tidak maka harus dilakukan repair. Sebagai Quality Control (QC) WI harus mengawasi, memeriksa dan memverifikasi semua hal, dari sebelum, pada saat, dan setelah proses pengelasan. Item yg harus dicek bejibun, mulai dari kelengkapan dokumen-dokumen sampai ke welder dan NDT man sesuai gak nih orangnya. Gak heran WI lebih banyak di lapangan daripada di office. Naik naik ke tower yang tinggi hingga merayap masuk ke dalam vessel yg sempit untuk memeriksa hasil lasan welder.

Seperti halnya WE, si WI juga harus berbekal ilmu. Ilmu yg dipelajari beda ma WE dan gak sebanyak dan seberat WE. Pilihan tempat yg menyelenggarakan diklat WI pun banyak. Di batam, UI, Poltek Kapal ITS, dan B4T (3x setahun). Harganya pun lebih murah dibandingkan dgn WE, rata-rata 11juta-an. Durasi trainingnya beda-beda, ada yg sebulan ada juga yg luama 3 bulan, spertihalnya yg pernah saya ikuti di B4T. Senin-Jumat (tiap 2minggu sekali, hari Sabtu masuk), jam 08.00 sd 17.00. Freshgraduate boleh kok langsung ikut. Bahkan yg dari jurusan Sipil, Elektro, Tekim, Fisika pun gak dilarang asal lolos tes ujian masuk dan keluar. Yg dipelajarin (kalo di B4T) diantaranya: dasar-dasar metalurgi, pengetahuan bahan, statika, welding inspection, basic NDT, dan penguasaan code/standard yg sering digunakan di Indonesia sperti ASME, API, ANSI, AWS, EN-ISO, dan ASTM. Bahasa pengantar masih bahas Indonesia walaupun 80% materi Inggris. Ohya, setelah lulus kita emang gak menyandang gelar Diploma, melainkan NDT level 1, jadi bisa langsung lanjut ke NDT ASNT level-2 kalo mau lebih garang. Secara hukum, sertifikat nya hanya berlaku nasional, bukan internasional. Kalo mau diakui international, nambah lagi 6 juta untuk ambil ujian dari IIW (International Institute of Welding). Atau kalo berani langsung aja ambil CSWIP 3.1 yg dikeluarin oleh TWI, udah dijamin bisa kerja di luar negeri. Biayanya kalo gak salah 15 juta dengan durasi training yg gak sampei 3 minggu. Gak lulus? Uang melayang.

Kata orang, ambil WI di B4T itu paling bagus. Karena paling  duluan established, paling lama durasinya, maka yg dipelajari juga lebih banyak dibanding di tempat laen. Kurikulumnya juga udah settled dan mengadopt dari IIW. Kita juga diajari sebagian ilmu WE, sehingga bisa melihat dari point of view yg berbeda ketika ada case. Terus juga alumni WI B4T udah tersebar dimana-mana sehingga harapannya bisa saling “membantu”. Konon, perusahaan di Indonesia pun juga lebih memprioritaskan WI B4T ketimbang WI laen, sekali lagi Ini Katanya Lho Ya 🙂

Salary? Karena gajinya yg terkenal tinggi itulah mengapa banyak mahasiswa yg bercita-cita menjadi WI atau WE, bahkan tak sedikit pula orang yg pindah haluan. Gaji WE memang biasanya lebih besar dari WI (ini gak selalu, karena tergantung company dan kualifikasi personal), namun perusahaan hanya membutuhkan satu-dua WE saja. Sebaliknya, WI sangat banyak dibutuhkan. So, pilih mana?

150 thoughts on “Welding Engineer atau Welding Inspector?

  1. menurut ku sih.. mending welding inspector… cz dia lgsg bs inspeksi gitu.. otomatis dia jg dah bisa analisa seperti welding engineer

    1. boleh aja gak papa. walopun jarang tapi lumayan benyak jug kok cwe yg jd welding inspector.. toh ntar gak mutlak harus di lapangan, bis juga milh jadi engineer

  2. Saya welding inspector. Lulusan b4t.Menurut saya yang s1 lebih baik ambil we. Terus kerja sebagai wi 3 tahun. Ambil lagi certifikat cswip. Baru mantap

    1. Dear Mr.IS@ANYNOMOUS
      Saya mau tanyak gimana sistem dari B4T untuk ikut serta Diklat WE di bulan Juli 2017 ya,
      apakah pembukaan pendaftraan pas di bulan juli atau kita bisa daftra awal,

      1. tanggal test WI bulan Agustus tanggal 14 tahun 2017. dilkaltnya mulai tanggal 15 agustus-16 november.
        daftar dulu melalui online, dan untuk agustus sepertinya udah tutup, jadi harus lanjut di bulan januari 2018.
        ada koq jadwal tentaitifnya di B4T.go.id

  3. numpang nayan nich…,klw seandainya kita ngamil WE apakh nnti kita bisa ngambil CSWIP 3.1,dan jika kita pengen ngambil CSWIP yg lbih bgusnya ngambil WI atau WE sblmnya ?

    1. sory baru bls.
      bisa bisa saja. CSWIP 3.1 pada dasarnya adalah sertifikasi Welding Inspector (WI) juga, hanaya saja sifatnya internasional dan akhir-akhir ini sering di syaratkan oleh berbagai company baik lokal maupun asing. Secara pekerjaan sih berbeda antara WE dan WI. Sepengetahuan saya, orang2 mengambil WI lokal (baik itu di B4T, Poltek kapal ITS, Batam, ataupun UI dan BKI) sebelum ikut CSWIP 3.1 secara TWI (lembaga sertifikasi yg menyelenggarakan CSWIP 3.1) mewajibkan experience sekian tahun.

      Terserah anda sesuai kesiapan saja, jika dana sudah ada (sekitaran US$1710) dan syarat2 sudah siap ya cuss langsung hehe

      CMIIW

  4. mas, aku mau tanya. sarat2 masuk We dan Wi di B4t apa ya? aku lulusan s1 tek.informatika, tp pengalaman kerja di proyek +- 5th di mechanical, termasuk saat ini msh bkerja di k5 project pkt. saya berencana ambil we/wi taun depan. mohon masukan dan pencerahanya.
    salam,
    yusman

    1. to yusman:
      utk sarat lengkapnya bisa dilihat langsung di http://www.b4t.go.id berikut biaya dan jadwal training selama satu tahun (3x)
      kalau tidak salah syaratnya sih lususan teknik mekanikal, metalurgi, material, elektro, industri, sipil. mungkin maksutnya agar memudahkan pserta (tidak terlalu asing dgn materi) pada saat mengikuti training selama 3 bulan. namun saya pikir semua latar belakang teknik bisa kok ikut dan lulus secara basic engineering kan dimana2 sama: matematika, fisika, kimia yaa gak jauh2 dari situ.

      mengenai WE atau WE, tergantung anda minat kemana? karena yg memebedakan antara keduanya adalah scope of work nya. selain harga dan durasi training WE B4T yg lebih mahal dan lebih panjang ketimbang WI nya. Kata orang, dan sepengetahuan saya di suatu perusahaan (apalagi EPC/contractor) lebih banyak dibutuhkan WI daripada WE (yah taruhlah 1:4-5) apalagi jika psosis di sub-contrator hehe.

      daftar saja trus ikut ujian masuk (pre test). gak ada salahnya coba apalagi jika latar belakang pengalaman dan pekerjaan selama ini berhubungan dgn aktivitas manufaktur/welding/mechanical. ohya, karena peminatnya banyak usahakan daftarnya dari jauh2 bulan krn waiting listnya panjang bro. kawan saya malah pernah nunggu setahun.

      FYI, bnyk kok teman saya yg sekarang kerja sebagai WI yg berlatar belakang informatika, bahkan yg dulu kuliahnya non teknik pun ada. semangatt =D

      CMIIW.

      1. numpang nanya, kalau tes buat ikut pelatihan Welding Inspector di B4T, yang diuji materi apa saja?

        terimakasih sebelumnya.

        1. to airil06,

          materi yg diuji: dasar2 engineering (fisika matematika), basic welding symbol, electrode, welding process, standard/code, metalurgi las, NDE, dll
          yahh intinya basic2 yang harus dipahami seorang weling inspector 😀

    2. mas bro saya malah lulusan S1 Ekonomi sekarang jd QC alias WI….latar belakang pekerjaan 3 th sebagai welder,fiter,blaster /painter….dah lengkap bangat…waktu saya daftar sekolah UT eeeeh mereka malah sarankan langsung ke WI…GO AHEAD siapa takuuuut….Sekarang temen2 seprofesi julukin saya EE alias Econom Enginer…..

      1. @juki @ikuy : betul. go ahead. asalkan ada kemauan kuat pasti ada jalan. seperti yg selalu saya bilang di bawah, terlepas dari apapun background kita experience di bidang yg berkaitan dengan welding (entah itu welder, fitter, painter, dll) sangat membantu ketika belajar menjadi WI

  5. om mas matur nuwun masukanya, di b4t itu ada IWE/IWT/IWS. bedanya apa toh? btw ada tes masuknya toh? seperti apa mas tes nya? apa yg perlu sy pelajari? mohon pencerahanya..
    salam,
    ys

    1. to yusman:
      IWT/IWS/IWE lebih tepatnya saya kurang paham silahkan tanya ke B4T nya langsung. Sepertinya itu berkaitan dengan internatio certification dari IIW (international institute of welding).

      Tes masuknya tentang basic knowledge engineering, fisika, metematika, metallurgy, ilmu bahan/material, dan prinsip-prinsip dasar NDT, serta sedikit pengetahuan seputar CODE/standard yang berhubungan dengan welding, NDT, fabrikasi. Dont worry ujian nya multiple choice.

      Bisa saja, asalkan kita sudah lulus test nya sementara menunggu sertifikat jadi. Intinya kita ikut training/certification adalah agar kita certified and qualified. Qualified untuk melakukan suatu pekerjaan inspeksi karena banyak orang yang mampu tetapi tidak certified, atau sebaliknya :certified namun tidak qualified.

  6. oya 1 lg mas, klo kita uda lulus salah satu iwe/iwt/iws, apa bisa kita bekerja sbg wi? sambil ngg lowongan hehehe
    salam,
    ys

  7. Salam,
    Nambahin ya..
    Ane sekarang dah pegang certifikat CSWIP 3.1, kalo bagi ane sih pilih WE aja, karena WI dah ada..wkwk
    Peace deh.. dilapangan kebutuhan WI kayaknya lebih banyak dan kerjanya lebih flexible.. bisa saja suatu proyek tidak memerlukan WE tapi ak bisa lepas dari WI (asumsinya semua standart/prosedur pengelasan WPS sudah ada dari perusahaan induk atu alasan lainnya). WI bisa berpeluang jadi Client representatif yang gajinya bisa mencapai 90jt /bulan. tapi WE tidak umum jadi client.. Tapi WE masalah keilmuan mmg bagus untuk dipelajari dan fahami…

  8. Hallo Mas Krishnoy,

    Saya freshgraduate jurusan S1 Ilmu Komputer. Saya pengen ikut training WE atau WI.
    Kira-kira bisa tidak saya ikutan training ini Mas sementara latar blkang jurusan saya ilmu komputer?
    Mohon pencerahannya Mas.

    1. @Reon: sory abru bls. bisa aja ikut dari semua background, asalkan lulus tset masuknya. Kalau dari background Ilmu Komputer siap-siap nantinya harus belajar ekstra karena basic matematika, mechanical, fisika, dan kimia sangat dominan dalam silabus mata kuliah WI.

      mengingat background anda yg dari Ilmu Komputer, kalau WE sebaiknya nanti dulu, setelah memiliki sertifikat WI dan experience beberapa tahun di bidang per-weldingan. Bukanya apa, daripada gak lulus trus rugi waktu dan biaya.

    1. @Reon : sebaiknya dari jurusan teknik/mipa mengingat basic engineering sangat diperlukan. Dan lembaga-lembaga formal sertifikasi WI pun mensyaratkan demikian. Namun tidak menutup kemungkinan jika ybs pernah/memiliki pengalaman bekerja di bidang manufacturing. fabrikasi, welding, NDT, atau yg terkait dgn itu; silahkan saja mencoba. Toh tidak sedikit mereka yg sukses menjadi welding inspector walaupun berangkat bukan dari latar belakang engineering 😀

    2. Saya dari FISIP bs sekolah WI di batam (Ikbal M Yos,Offshore institute teknologi,TWII Batam),tapi dah punya pengalaman Welder/Fitter 3tahun….jangan takut broooooo ada mata kul matematika teknik yg penting matematikan SMA di pelajari kembali jd gk bingung…..

  9. Saya baru dapet info dari dosen ttg we & wi

    Jujur aja saya trtarik. But mentok di dana hehe

    Btw sy lagi ngambil d3 t.mesin di poltek negri jakarta ( poltek ui)
    Dan rencana ane mw kerja terus sambil ngambil s1. Nah untuk jadi we / wi mendingan s1 metalurgi / t.mesin ?

    Ditunggu jawabannya ya 😀

    1. @hud : baik S1 T.Mesin maupun S1 T.Metalurgi bisa anda pilih jika tujuannya adalah untuk mengambil sertifikasi WE/WI. Karena saya berasal dari background T.Metalurgi maka menurut saya sebaiknya ambilah s1 T.Metalurgi karena pemahaman yang komperehensif sangat diperlukan jika ingin mendalami bidang welding. Terutama tentang diagram fasa, Metalurgi Manufaktur, Teknik Pengecoran, Pengetahuan logam/ilmu bahan, Heat Treatment, Korosi, dan Analisa Kegagalan. Namun, silahkan bertanya pada rekan-rekan yg lain untuk mendapatkan point of view yg lebih luas karena materi-mteri yg saya sebutkan diatas tadi secara umum juga dipelajari di jurusan Teknik Mesin; dan secara mendalam apabila nantinya anda mengambil spesifikasi bidang Metalurgi ketika menginjak tahun ke-3 perkuliahan.

      untuk masalah dana jangan khawatir, selama ada usaha dan doa, pasti ada aja jalannya. Banyak kok teman-teman saya yg menabung sedikit demi sedikit bahkan harus jual motor, sawah, tanah dll sebagai modal awal untuk menuntut ilmu. Ibaratnya kita mancing, kalo mau daept ikan yg besar pasti umpanya juga gak sembarang umpan donk =D

  10. mas apa kalo mau jadi we/wi harus lulus S1 dulu??
    saya msh kuliah jurusan Teknik informatika,setelah saya tau info ttng we/wi saya tertarik untuk mengikuti pelatihan tsb,,jd saya ingin segera mengikutinya,,apakah bsa?

  11. test utk ikut training WI di B4T itu biayanya brp yah dan setelah itu brp lagi biaya yg hrs dikeluarkan??brp lama trainingnya?

    1. Mas Aryastyanto : dulu saya tahun 2010 untuk tesnya kalo gak salah ingat sekitar 250 ribu. setelah itu biaya pendidikan nya 11 juta, bisa dibayara dalam kurun waktu 3 bulan (maksutnya dicicil 2x) dan ketika dua minggu sebelum final exam harus sudah melunasi.
      CMIIW

    1. mas ays : untuk saat ini menurut saya masih besar lah peluangnya. logikanya kan begini, knapa diselenggarakan training Welding Inspector? karena kebutuhan/demand yang besar dari industri. Kalau tidak ada demand maka pasti tidak ada supply. Jadi selama pekerjaan yg berhubungan dengan welding masih ada maka profesi Welding Isnpector jg masih ada terus.
      CMIIW

  12. mas broo saya mau tanya saya mahasiswa teknik perkapalan undip kalo mau ngambil wi itu lebih baik d b4t bandung tau d bki..karena basic saya di perkapalan..trim

    1. Mas Nadzirun : kalau saya jadi Anda, saya akan pilih B4T karena sepengetahuan saya lembaga itulah yang paling awal mengadakan course and certificaton Welding Inspector. Selain faktor Dosen-Dosen Pengajarnya yang beberapa berasal dari ITB dan praktisi-praktisi ahli teknikal lapangan, tentu mereka sudah punya metode penagajaran dan kurikulum yang mapan dan well established. Selain itu alumninya juga sudah banyak tersebar dimana-mana dalm dan luar negeri.
      CMIIW

      1. mas.. mau nanya..berdasarkan info dr temen2 saya penderita buta warna parsial tidak bisa mengikuti WI d B4T apa itu betul?

        trus kalo WE sertifikasi JWES itu gimana ya peminatnya apakah banyak perusahaan yg nyari?

        1. @Pak Ardiano: saya kurang hapal pak persyaratannya apakah harus tidak buta warna atau tidk. mohon dikonfirmasi (tanyakan) saja atau langsung buka web B4T. Seingat saya dulu memang ada test ishihara sebagai pra-syarat sebelum mengikuti tes masuk WI di B4T.

  13. Maaf pak, saya mau tanya tentang background, apa WI itu harus dari diploma atau cuma sarjana saja?? Masalahnya saya cuma tamatan SMK tapi saya pengalaman sebagai welder hampir 5 tahun, dan saya pernah di kirim ke proyek untuk repair (Vessel) dan WI yang berasal dari Polandia yang saya temani setiap hari kerja meminta saya untuk ikut exam WI. Tapi saya bilang sama dia, saya juga ingin bangat upgrade profesiku tapi masalahnya saya tidak tahu apa dengan background SMK saja bisa di terima,

    1. @dinda. saya kurang tahu bisa apa tidak. nih kutipan persyaratanya dari http://www.b4t.go.id/layanan-jasa/pelatihan-teknik/welding-inspector/

      ….
      4. PERSYARATAN PESERTA
      a. Syarat Peserta
      Sarjana Teknik Jurusan Mesin, Metallurgy, Perkapalan, Elektro, Industri atau
      Sarjana Muda Teknik Jurusan Mesin, Metallurgy, Perkapalan, Elektro, Industri dengan pengalaman inspeksi dan pengalaman minimum 3 (tiga) tahun
      SMA Jurusan IPA STM Mesin/Listrik dan memiliki Sertifikat NDT Level II
      Lulus test/seleksi yang dilaksanakan di B4T sebelum diklat dimualai.
      b. Berusia minimum 23 tahun, sehat jasmani dan rohani, dan berpengelihatan baik.
      c. Melampirkan Curriculum Vitae (CV), fotocopy ijazah terakhir (Legalisir) dan copy sertifikat diklat yang pernah diikuti serta photo ukuran 4 x 6 dan 3 x 4 masing-masing 2 lembar

      ….

      yang jelas kalo dilihat dari background Anda yang teknik Mesin sih nyambung, karena pasti pernah memepelajari ilmu bahan, ilmu logam, uji mekanik, praktikum las, proses manufacturing, dll

      kontak saja b4t

  14. Mas kris, apa bedanya sertifikasi WI/WE TWI(CSWIP) dan B4T ? apakah B4T juga diakui internasional ?
    apa syarat2 ikut yang TWI (sekalian tempat &biayanya) ? maaf nanya banyak bgt nih. 🙂

    1. beda lembaga yg melakuakn traing dan mengeluarkan sertifikasi.

      kalo CSWIP itu dilakukan oleh TWI. seritifaktnya pun dikeluarkan oleh TWI. biayanya sekitar 1970 US$ (kalo gak salah)
      WI = welding inspector
      WE = welding Engineer.

      bedanya saya rasa udah ada di tulisan saya di atas =D

  15. Nanya Om,, saya masih kuliah di metalurgi belum lulus,, apa boleh belum lulus oleh masuk B4T? terus kalau biaya apa boleh dicicil?

    1. @poetra: gak bisa. selama ini di B4T harus lulus dulu baru bisa join training. biaya bisa dicicil 2 kali. di awal masuk dan mendekati ujian akhir.
      terlampir persyaratan dari B4T :

      4. PERSYARATAN PESERTA

      a. Syarat Peserta

      Sarjana Teknik Jurusan Mesin, Metallurgy, Perkapalan, Elektro, Industri atau
      Sarjana Muda Teknik Jurusan Mesin, Metallurgy, Perkapalan, Elektro, Industri dengan pengalaman inspeksi dan pengalaman minimum 3 (tiga) tahun
      SMA Jurusan IPA STM Mesin/Listrik dan memiliki Sertifikat NDT Level II
      Lulus test/seleksi yang dilaksanakan di B4T sebelum diklat dimualai.

      b. Berusia minimum 23 tahun, sehat jasmani dan rohani, dan berpengelihatan baik.

      c. Melampirkan Curriculum Vitae (CV), fotocopy ijazah terakhir (Legalisir) dan copy sertifikat diklat yang pernah diikuti serta photo ukuran 4 x 6 dan 3 x 4 masing-masing 2 lembar

  16. Berat juga ya kak jadi anak tehnik
    Kerja keras bgt laki bgt pokoknyaaa

    Secara ank bisnis mah ga gini gini bgt
    Sukses yaa kak

    1. pada dasarnya semua bidang dan kerjaan kalao di tekuni dengan sungguh-sungguh pasti bisa menguasai dgn baik kok.
      sama-sama uskses selalu =D

  17. Mas sy khaist dri papua. Sy lulus stm mesin perkakas. Lalau lulus s1 teknik industri. Kebetulan krj sy tukang las. Tp gk pny srtfkat las. Jika sy ambil WI yg internasional gmn mas mnurut mas? Trs skrg hbs brp ya biayanya? Trs klo untuk tes mau msuk hrs byr brp dlu. Klo gk lulus gmn mas. Cos sy klo materi mmg kurang kuasai. Tp klo praktek sy bisa kuasai. Trs klo du surabaya apa biayanya sama? Tlg pnjlasannya. Trmksh….

    1. Mas khaist.
      Sory lagi sibuk-sibuknya belum sempat balas. Kalau di B4T international WI dan yg biasa itu tidak jauh beda materi yang harus kita pelajari selama kurang lebih 3 bulan diklat. Yang membedakan hanya ujian dan serfikatnya saja.
      Untuk biaya terbaru silahkan berkunjung ke website B4T.

      Dulu saya th 2011 biaya untuk pre-test seingat sayah 200rb –an . Kalau tidak lulus yaa uang hangus (kalau saya gak salah ya). Sebaiknya materi juga harus mengausai basic matematika fisika dan basic welding knowledge (sprti metalurgi las, welding symbol, dn international standard).

      Wah map kalau di Surabaya (ITS) saya kurang tau. Coba googling aja hehe

      terimakasih sudah mampir =D

    1. maap baru buka blog.

      kalo buta warna parsial saya kurang paham. mungkin bisa ditanyakan ke cp terkait 😀

  18. Siang mas.kalau lulusan SMA IPS,masa kerja sebagai welder sampai sekarang.umur 26thn,apa masih ada kesempatan untuk ikut sekolah b4t.minus nya apa ya untuk saya yang lulusan SMA IPS ini?.mohon coretanya mas.

    1. Selamat siang pak Fery.
      Terimakasih sudah mampir ke blog saya =D

      Saya salut Pak Fery masih semangat belajar lagi. Pak Fery sudah berapa lama jadi bekerja sebagai welder?
      Setahu saya bisa pak. Welder dengan pengalaman lebih dari 5-7 th bisa sekolah/belajar di B4T tapi mungkin sebagai bukan sebagai welding inspector, melainkan welding supervisor atau foreman barangkali. Karena seingat salah satu syarat WI adalah D3 atau S1.
      Bapak bisa cek di website nya B4T atau kontak langsung CP nya untuk persyaratan registrasi dsb.

      Kalau di B4T tidak bisa, bapak mungkin bisa coba ambil welding inspector di BKI Jakarta. Setahu saya banyak welding inspector alumni BKI yang dulunya bekerja sebagai welder.

    2. Ok thaks atas sharenya mas…..tapi memang benar kata tetangga saya.dia bilang min- d3 tehnik..tapi yg saya takutkan tidak lulus di kursus b4t kalau memang saya ambil nantinya setelah saya kuliah d3.nah kalau saya d3 dengan ip kecil apa memungkinkan bisa ikut kursus d b4t….mungkinkah kalau saya kurang tanggap tidak di luluskan d b4t..apa bedanya supervisor welder dengan welding supervisor mas?tolong share kembali ya mas.

      1. Pak fery, sepanjang yang saya alami smpai sejauh ini sih secara fungsi kurang lebih sama antara welding supervisor dan supervisor welder (atau biasa juga disebut foremen welder). Tugasnya ya mengkoordinir welder, moitoring alokasi welder consumable tools equipment, memberikan saran/masukan ttg welding, bahkan mengajari junior welder. Nah biasanya welder supervisor ini jago dan paham bukan hanya soal praktek tapi juga teori dan basic knowledge welding. Hampir semua, dulunya dalah welder bahkan di beberpa project saya menjumpai seorang foremen welder juga terkadang turun langsung jika ada pekerjaan critical, misal repair work pada kondisi dan posisi sulit.

        berikut saya ambil dari website B4T : http://www.b4t.go.id/layanan-jasa/pelatihan-teknik/welding-supervisor/

        1. TUJUAN
        Untuk mendapatkan tenaga Welding Supervisor yang berkualifikasi dan terampil melaksanakan tugasnya dalam kegiatan kordinasi pengelasan untuk mendapatkan hasil pengelasan yang memenuhi persyaratan standar.

        2. MATERI DIKLAT
        a. Teori
        Teknologi Las Proses, Teknologi Las Aplikasi, Kualifikasi Prosedur Las Sesuai Standar, Keselamatan Kerja Las, Pemeliharaan, Pengetahuan DT & NDT.

        b. Praktek
        Recording, Kualifikasi Prosedur Las, Kualifikasi Juru Las, Praktikum Uji Visual Hasil Las dan Uji Mekanis

        3. PESARATAN PESERTA
        Pendidikan minimal SLTA
        Juru las yang telah berkualifikasi, telah berpengalaman dibidang pengelasan min. 2 tahun
        Berusia minimum 22 tahun, Sehat jasmani dan rohani, dan berpenglihatan baik

        4. PELAKSANAAN
        Pelatihan dilaksanakan selama ± 2 (dua) minggu di Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Bandung

        5. SERTIFIKAT
        Peserta yang dinyatakan lulus diberikan sertifikat yang diterbitkan oleh Balai Besar Bahan dan Barang Teknik serta Sertifikat Kompetensi dari Indonesian Welding Society (API/IWS)

  19. Wow, pencerahan yang menarik
    Pa Kris, salam kenal sy Putri
    mau tanya donk, klw dari lulusan dari fakultas ilmu kesehatan bgmn? jurusan yang saya ambil K3 di UI tapi kaga nyambung bgt ya
    harap maklum saya juga gak ngerti nih ko bisa masuk ke dunia QA dan yang saya tanggap ilmu dasar yang harus saya cari adalah WI/ WE.
    semakin hari belajar ko semakin bego ya, apa karena learning by doing ya.
    please info detail donk untuk yang di UI maklum sejak menikah saya sudah lama tidak ke kampus dan advice kisi2 soal ujian masuknya biar bisa prepare apa saja yang harus dipersiapkan lebih matang
    terima kasih
    Salam
    Putri

  20. sesuai dengan coretan bapak update 2011.. sekarang apakah dengan jadwal yang sama yaitu sekali dalam sehaun, pula dengan baiaya yang terbilang 18jt ann. . . mohon share nya ya pak…
    thanks

  21. mau tanya nih pak, kebetulan saya mau ambil pelatihan WI di b4t untuk januari 2015 mendatang. kira kira sertifikat yang didapat itu AWS atau CSWIP untuk yang internationalnya? apakah kita dapat gelar tambahan setelah lulus sertifikasi? kalo WE saya denger dapet gelar Diploma of Eng. Prospek kerjanya seperti apa ya pak untuk WI? apakah bisa overseas? dengan modal lulusan b4t? terimakasih

    1. sori pak baru buka blog. bukan aws atau cswip tapi IIW. kalo WI, gak ada gelar tambahan. untuk peluang kerja overseas terbuka sekali. banyak kok teman2 saya alumni b4T yang bekerja di project2 di luar negeri. tentunya sebagian besar tidak hanya punya sertifikt WI saja.

  22. pak. saya buta warna persial lulusan S1 ekonomi. apakah saya bisa ikut pelatihan we atau wi?
    kebetulan saya tertarik sekali

    1. salam kenal. untuk S1 non teknik tidak menutup kemungkinan memulai karir sbg inspector. cuma yaa harus siap belajar keras dan ekstra.
      maap pak untuk kasus buta warna parsial saya kurang tahu soal peraturan terbarunya. silahkan kontak ke institusi / lembaga yg menyelenggarakan training.

  23. Saya siswa smk jurusan teknik pengelasan. Saya ingin sekali menjadi wi. Untuk mengambil certifikat wi harus kuliah d3 dulu kah? Atau ada toleransi untuk jurusan teknik pengelasan bisa langsung kursus wi?
    Mohon info nya terimakasih pak

  24. mas saya mau tanya saya kan msh sklh smkn 1 cikarang barat ngmbil jurusan teknik pengelesan.saya mau tanya klau saya sudah lulus itu lebih baik ngpain sesudah lulus smknjika saya bercita cita menjadi welder internasional.makasih mas

    1. salam kenal wahyu. bagus sekali cita-cita mu. jadi welder itu salah satu pilihan profesi yang bagus. krn sulit dan gak semua orang bisa. ada yg bilang profesi welder itu setengah technikal dan setengah seni/art. konon katanya rekan-rekan saya welder indonesia yang bekerja di perusahaan asing di luar negeri baik itu tambang maupun oil and gas terkenal jago dan disukai sehingg bayaranya tinggi. puluhan sd ratusan US dollar per hour nya. jadi bagus sekali kalo anda sudah ada gambaran dan cita cita ke depan. tinggal berusaha semaksimal mungkin dan berdoa. kunci sukses itu terus belajar berlatih dan kerja keras.

  25. Salam Mas, mohon masukannya, bagaimana dgn kondisi pekerjaan diperminyakan skrg mas, krn harga oil yg merosot jatuh dan blm bangkit2 ini..Jadi risau nih…

    Menurut Mas, untuk ambil training WI/WE, etc, disaat-saat skrg ini bagaimana, apakah saat yg tepat?
    matur nuwun

    1. salam kenal juga.
      betul. saat ini dunia oil and gas lagi lesu. gara gara harga minyak dunia yg gak bangun bgun. akibatnya project project banyak yg di delay, suspend, malah di re-tender. trus karyawan2 banyak yg lay off, dirumahkan, gak diperpanjang konfrak nya dll.

      belajar itu gak ada salahnya dan gak ada kata terlambat. hanya saja, kalo tujuan kita belajar dgn cara ambil keahlian/training/seetifikasi adalah untuk bsa menaikkan kompetensi, harga jual (dan gaji) kita, yaa dengan kondisi saat ini mungkin akan sulit cari kerjaan yang berkaitan dgn WE,WI.

      Entah mungkin kalk harga udah stabil. tapi ya kembali ke kita masing masing, kalo duitnya ada yaa why not.

  26. Slmat malam, sya reza umur 25 thun, maaf pak saya mau brtnya klo jurusan dari SMA IPS bisa ikut test pak ato tidak dan klo bisa pelatihan pa yg cocok untuk saya ikuti ? sya pnya pngalaman bekerja di perusahaan manufacturing selama 5 tahun pak, mohon informasinya pak, trims

    1. selamat pagi Reza. maaf baru sempat balas. dari minggu lalu sibuk kebanyakan habis jalan krn macet.

      kalau boleh tau pengalamanya di manufacturing bidang spesifik nya apa ya??

      kalau utk ikut test, bisa bisa saja walaupun IPS. asalkan pengalaman kerja 5-10 th kebelakang mendukung dan mampu membuat kita mengerti ilmu-ilmu basic seputar welding dan fabrikasi.

  27. Salam kenal,
    Saya mau tanya, apakah peluang kerja untuk lulusan WE lebih banyak dari WI atau sebaliknya?
    Dan apakah lulusan WE dari B4T bisa kerja di luar negri?
    Terima kasih.

    1. Salam kenal jgua Pak Firmansyah.

      di dalam negeri, WI masih lebih dominan dibutuhkan daripada WE. Karena tugas-tugas dan fungsi inspector memastikan pekerjaan konstruksi/fabrikasi di lapangan benar-benar dilakukan sesuai design engineering, project specification, code/standard, dan aturan yang berlaku. Makanya jumlah personelnya harus banyak karena jumlah personel/worker construction kan banyak juga.

      Sementara tugas utama WE dalah membuat procedure, project spec, dan design engineering STD sehingga tidak diperlukan terlalu banyak personel.

      Sangat bisa sekali lulusan WE B4T bekerja di luar negeri. sudah banyak malah.

  28. Terima kasih atas infonya, sangat berguna sekali.
    Namun saya ada perta beberapa pertanyaan lagi. Kalau mau ambil CSWIP 3.1 di TWI itu dimana alamatnya? Dan biaya berapa? Kursusnya berapa lama?
    Bagus mana ambil WE/WI di B4T atau CSWIP 3.1 di TWI?

    Terima kasih sebelumnya.

  29. Salam mas,
    Mau nanya mas, apa ada wadah qta nyari lowongan setelah lulus WI? karena merasa ragu dgn biaya training yg besar, maklum nabungnya dgn susah payah.. Info, saya tanggal 24 agustus pretes WI

  30. mas jangan ngambil wi, we udah buanyakkkkkkk,,,,, ambil pcn aja sklian klo berani,,, mas aja mau ngambil wi ga tau tujuannya klw udah bres mau kemana,,, sekrang wi udah + ndt, klo wi fresh udah abis2an untk byar sertifikasi wi, jadi anda harus ambil lagi ndt, uang lagi,,, blum tentu dapet kerja lagi, frustasi lagi,,, ga segampang apa yang anda liat di linkd.in

  31. Asalamualaikum, maaf pak mau tanya kalau kualitas di mata industri perbandingan antara wi b4t dan wi BKI bagai mana? Mohon info nya trimakasih semua.

    1. waalaykumussalam.. sama semuanya certified. konon katanya orang2, wi b4t lebih. krn masa pendidikannya lebih lama 3 bulan. jadi lebih mantepp

  32. Pagi mas Krishnoy, salam kenal. Trims buat artikel nya bener2 membantu bgt u/ calon2 engineer yg ingin mendalami dunia perweldingan..

    Yg ingin saya tanyakan, untuk persyaratan WE/WI pengalaman kerja minimal 3 tahun utk bs dpt certificate, apakah harus pengalaman kerja dibidang pengelasan tok? Kalo misalkan pengalaman kerja yg agak “nyerempet” dikit spt di bidang epc atau refractories, apakah msh dianggap? Tks banyak mas, wassalam

    1. Selamat PAgi. sama-sama. kita saling sharing informasi.

      maaf, untuk update regulasi terbaru tentang detail persyaratan keluarnya certificate silahkan bisa langsung ditanyakan ke B4T.
      kalau dulu, untuk WI tidak perlu pengalaman kerja utk bisa dapet certificate setelah menjalani masa pendidikan 3 bulan dan ujian kompetensi.
      untuk WE, ada masa kerja bbrp th (tp berapa lamanya saya lupa) setelah menjalani pendidikan 4 bulan dan dinyatakan lulus ujian kompetensi.

  33. Salam sukses para senior,
    Tahun ini saya rencana ikut diklat WI d B4T, saya tdk berfikir muluk2 harus jadi WI karena buat bisa diklatnya saja harus lulus pretest dulu. Maklum kemampuan pas2an, exp saya 3 tahun di dunia NDT. Nah buat para senior2 WI lulusan B4T mohon pencerahanya supaya lancar pretest WI di B4T.
    Terima Kasih.

    1. Salam kenal dan salam suskes juga Mas Tian.

      bagus itu kalau sudah punya experience di bidang NDT. silahkan baca kisi-kisi di atas tentang materi yang akira2 akan diujikan saat pretest. fisika dasar, elektrikal dasar, kimia, welding symbol, manufacturing standard/code, welding standard/code, NDT standard/code, metallurgy, dan HSE.

  34. Selamat siang mas.salam kenal saya zhakaria
    Mau tanya nih mas
    Baru pengalaman jadi RI 3bulan.rencana mau ambil cswip 3.1.katanya harus exp 3tahun.apakah benar?
    Lagi mas
    Kalo emang bener gak boleh.bingung mau ambil WI B4T atau cswip 3.0.denger2 juga kalo walaupun cuma 3.0 tapi lebih laku daripada WI.apakah statement itu benar?
    Mohon pencerahan mas

    1. salam kenal juga pak Zhakaria.. setahu saya sih begitu. masing2 sama sama certified antara WI B4T dan CSWIP, cuma beda lembaga yg melakukan certification saja. yg satu indonesia, yg satu UK. kata orang sih 3.1 lebih laku kalau mau berkiprah di internasional.

      1. Selamat pagi mas krisna. Salam kenal saya fajar pak. Lulusan polinema. Saya skr ini lagi nunggu jadwal mulai pelatihan IWI b4t saya yg sayangnya dijadwalkan januari 2017. Prestes kmarin udah lulus juga, udah dftar ulang. Yg mau saya tnyakan apakah setelah training selama 3 bulan itu b4t memberikan lowongan kerja? Dan apakah sertifikat WI sudah cukup mas? atau perlu di tambah settifikat ndt dsb? kondisi masih fresh graduate belum ada pngalaman kerja nih mas. Mohon pencerahanya. Terima kasih sebelumnya.

        1. selamat sore mas fajar luqman. salam kenal juga. utk lowongan setelah selesai pendidikan, sy kurang paham kondisinya saat ini. dulu sewaktu jaman sy (2010) sih kita cuma diinfokan (biasanya oleh pengajar2 b4t) saja jika ada lowongan. tp ttp kita kirim cv dan email sendiri2.

          kalau kata senior2 sy dan org yg jauh lebih bnyk experience drpd saya, utk kondisi saat ini rasanya hanya mengandalkan WI sj kurang. harus ada serifikasi keahlian bidang lain seperti NDT (MT/PT, UT, RT, ET), corrosion, atau painting. apalagi utk freshgrad yg relatif blm punya experience. dgn memiliki bnyk sertifikasi keahlian tentu akan meningkatkan daya saing dn nilai jual saat mencari pekerjaan kelak.

          sama2. Terimakasih sudah mampir ke blog sy 🙂

  35. Maaf mass corat coret..
    saya mau nanya mas, saya tamatan SMA IPS umur 22 tahun..
    saya mau kuliah, & kalau saya kuliah menurut mas ambil jurusan apa supaya bisa lanjut sebagai WI??
    tolong masukannya mas??
    terimakasih.

    1. gpp. salam kenal. tamatan SMA IPS ya. menurut saya, ambil kuliah teknik. teknik industri (jika memungkinkan). kalau tidak bisa, sastra inggris oke. perdalam bhs inggris smbil mulai ambil serifikasi keahlian (mulai dr penetrant level 1, UT operator, RT technician, pa
      inter, dll). ketika nnti sdh ada experience di bidang tsb kira2 3-5 th, baru belajar lagi memperdalam WI.

      1. Hallo om , salam kenal saya robbi
        Mau nanya ni om ?
        Kalo tamatan smk jurusan teknik mesin industri bisa masuk gk om ?

        1. salam kenal juga Roby.

          bisa, tp harus kuliah D3 atau S1 dulu di bidang mechanical, metallurgy, welding, civil, industry, electrical, atau chemical.

          kalao langsung dari SMK saya pikir tak bisa.

  36. selamat siang Boss,
    saya udah pegang sertifikat WI dan punya pengalaman lumayan banyak di pengelasan di onshore / offshore tp apakah bisa lanjut ambil tingkatannya jadi WE mengingat saya bukan dari strata teknik tp paham sekali soal welding mengingat saya ex. welder juga.
    mohon pencerahan, terima kasih

    1. selamat pagi.
      salam kenal.

      dengan segUdang pengalaman di bidang welding, fabrication, metalworking dll yg bapak miliki (apalagi pernah di offshore) mungkin yg lebih cocok adalah Weling Supervisory.

      karena, secara persyaratan training memang welding inspector apalagi welding engineer di B4T misal, harus minimum S1 atau D3 (Experience)

      mungkin bisa juga ambil Welding Inspector di lembaga lain jika memang bwner2 ingin. tapi yaa siap-siap hatus belajar ekatra utk theori welding, metalurgy, fisika, kimia, ASME code, AWS, ASTM, API dll

  37. Maaf mas, mau nanya
    Saya mau nanya
    saya kuliah di pendidikan tek.mesin
    Otomatis nanti gelar saya jadinya s,pd
    Apa bisa ikut WI?

    1. mas Bayu.

      asalkan Strata 1 dan yg pwrnah mempelajari seputar mechanical, metallurgy, material teknik, statika, kimia, fisika, sy pikir g ada masalah dlutk bisa lolos pretest dan ketika sedang training (ngambung, g mentah)

  38. bang numpang tanya dong, saya s1 teknik mesin, kalo saya mau ngmbil wi/we apa di wajibkan punya pengalaman kerja sekian lama? saya cuma pernah bekerja di bidang welding tapi cuma 1th, apa bisa?

    1. utk WI bias langsung.
      utk WE, jika nanti ternyata kurang persyaratan experience nya, mk certificate aseli akan ditahan sampai masa pengalaman terpenuhi (at least 3th exp di bidang welding, fabrikasi, manufacturing dan yg berkaitan)

  39. Baru-baru ini saya mendaftarkan diri saya untuk mengikuti program diklat IWI di B4T, dan persyaratan dokumen saya dinyatakan memenuhi kualifikasi. Jadi sekarang ini saya masih menunggu undangan screening test nya. Oleh sebab itulah saya mohon infonya materi apasaja yang harus saya pelajari agar lebih memudahkan saya dalam mengerjakan soal soal screening test tersebut, dan apakah Pak Khris memiliki dokumen dokumen yang dapat saya pelajari untuk lolos dari screening test ini? Jika ada, bisakah Pak Khris men-share nya kepada saya melalui email?

    1. selamat kalau begitu Pak.
      sekarang tinggal persiapan yg matang sj.
      wah sudah lama sekali file-file nya saya harus cari-cari dulu di arsip

  40. mau tanya mas.
    background smk bisa ambil WI gak?
    kata teman saya bisa tapi harus ambil sertifikat NDT dulu katanya,bener atau gak mas?
    mohon penjelasannya
    salam

    1. to @niky.
      maaf saya tidak bisa menjawab,

      intinya selama ada demand di bidang inspection, maka selama itu pula WI masih diperlukan.

      salam.

  41. Salam Kenal Pak Krish..

    Pak saya ulusan teknik mesin S1. Saya lagi dilema banget nih pak hheehe saya pengin banget sertifikasi WI di b4t, Pak kalu sertifikatnya yg asli di tahan apakahkita mendapat copyanya buat melamar kerja? dan apakah setelah lulus nanti merut bapak , kita bisa mendapatkan pekerjaan sebagai WI?

    Saya saat ini bekerja di bidang electrical lighting control sebagai drafter.

  42. mas mau nanya dalam dunia WI banyak digunakan kode warna gak ya ? menurut pengalaman mas selama ini, soalnya saya ternyada buta warna parsial. trims

    1. Pak @wawan.
      sepengalaman saya dan temean, sebelum memulai course WI ada salah satu syarat Surat Ket Buta warna dari dokter.

      jika kasusnya parsial, saya kurang paham. mungkin bisa ditanyakan langsung ke PIC administration course WI nya sebelum mendaftar.

      salam

  43. Permisi mas, mau konsultasi ada hehe kali ada waktu, satu semestr lagi installasi saya lulus d3 teknik mesin, menurut mas saya lebih baik lanjut s1, atau cari kerja, atau ikut pelatihan ini mas antara wE dan wi, oiya mas untuk saya ya punya sedikit BASIC praktik las, sama Matkul ilmu bahan enaknya ambil wE atau wi ya mas.? Tri makasih mas sebelumnya

    1. Nambahin pengalaman sedikit ya : Mas aryan sebaiknya ambil WI dulu. karena utk pekerjaan di oil and gas basicnya adalah WI. nah kalo udah lumayan bnyk pengalaman di pengelasan baru deh mas ambil yg WE ( welding engineer ) yg jobdesknya merancang metode pengelasan berikut raw material, consumable dll yg semuanya harus diuji di lab pengelasan yg pada akhirnya semua hasil ujinya dituangkan dalam WPS . intinya WI hanya mereview wps, WE yg membuat wps.

        1. buat temen2 yg msh bingung ayo diobrolin sambil tarik rokok sebatang di 081293384968. memberi kebaikan gak ada ruginya apalagi ilmu yg bermanfaat, itung2 buat celengan kita di akhirat nanti .

  44. Mas Krisnhnoy, mohon pencerahannya, saya sudah berusia 43 tahun, saya tamatan S1 jurusan teknik mesin, selama ini saya saya bekerja melenceng dari jurusan saya , selama 15 tahun ini saya bekerja dibidang perbankan dan keuangan karena peluang kerja dibidang itulah yang dapat meneima saya selama ini, sekarang saya sudah berhenti bekerja dan menganggur, menurut mas Krisnoy kalau saya ikut atau mengambil diklat pelatihan WI ini apakah saya masih layak dan masih ada peluang di dunia kerja untuk seusia saya sekarang ini 43 tahun , mohon pencerahannya , Terimakasih…..

    1. To Pak Andi Irwan,
      peluang selalu ada Pak. Tapi , maaf nih menurut saya sangat berat nanti di Bapak, krn sudah lama tidak “menyentuh” materi-materi kuliah dulu metallurgy, welding, NDE, ilmu bahan, statika, dll.

      apalagi selama ini bapak bergelut di bidang yang jauh dari inspeksi, welding, atau mechanical. akan sulit nanti belajar textbook tanpa ada bayangan actual. mengingat durasi training yang singkat (3 bulan itu akan terasa cepatt sekali dan kurang dibanding banyaknya materi yg harus kita kuasai)

      lalu kemudian ketika nantinya sudah selesai training, baak harus bersaing lagi cari job. Kompetitornya bukan hanya dengan yang sama-sama baru terjun alias freshgrad, tapi juga dengan yang udah berpengalaman di dunia QC, welding inspection, per-welding-an yang jumlahnya ratusan.

      Bagaimanapun, kalau Bapak sudah tekad, mantap, dan serius mau belajar keras seberat apapun kenddala nya, ya its oke.

      Atau mungkin bapak bisa terjun dulu ke dunia NDE. Mengambil course NDE. Syaratnya nggak sebanyak WI dan lebih mudah bagi yg awam sama sekali. misal : ambil training PT/MT or UT technician (ANST level II). nanti sambil jalan 1-2 tahun sambil belajar dan mendalami per-WI-an. trus kalo udah siap bisa ambil certification WI deh.

  45. Mas Krisnhnoy, mohon pencerahannya saya lulusan teknik d3 sipil dan baru lulus 1 tahun, saat ini saya bekerja di salah satu pengembang di jakarta saya sangan tertarik dengan WI, karena mata kuliah di teknik sipil d3 juga ada praktikum pengelasan.. apakah saya bisa ikut training WE atau WI??

  46. Halo mas, saya tertarik banget nih untuk ambil pelatihan welding ketika sudah lulus nanti (btw saya masih kuliah semester 4, tp udh kepo tentang welding dari awal masuk kuliah hehe). Kebetulan juga nemu blog ini yang bisa ngasih saya pencerahan tentang dunia welding. Saya jugat tertarik bgt sama artikel2 mas, semoga tetep rajin update blog dan sukses selalu mas! Oh iya, salam kenal juga mas, saya Deni adik kelas mas dari HMMT MT17! hehehe

    1. Halo Deni.
      salam kenal juga.

      Terimakasih sudah mampir. Menurut saya se awal mungkin kita tahu tentang “dunia” setelah kerja (termasuk carrier step) itu semakin baik, karena kita jadi ada gambaran mau kemana nantinya.

      Disiapin aja mumpung masih semester 4, pelajari/pahami betul2 ilmu basic metalurgi, ilmu bahan, mekanika, teknik las dan yg terkait.
      sambil nabung/cicil dari sekarang jg bisa (soalnya biaya nya lumayan)

      Regards.

  47. Halo mas, perkenalkan saya boy lulusan dari tek. material dan metalurgi juga
    tulisannya bagus dan menarik
    numpang nanya sedikit, kalo WI di B4T itu masa berlaku nya berapa lama yaa?
    karena setau saya kalo yang CSWIP dari TWI itu cuma 2,5 tahun.

  48. Bro, untuk soal test masuk wi b4t apa saja ya? Soalnya saya masih awam sekali dengan dunia pengelasan. Mohon bantuannya ya bro, rencana mw ikut test nya masuk.

    1. @ Septian Nurcahyo : soalnya gampang. seputar basic fisika, metalurgi, code/std, welding, NDE, indpeksi, dan sedikit elektro

  49. Assalamualaikum mas Kris, tulisan yang menarik! Saya berencana mengikuti pelatihan IWI di B4T Bandung bulan Januari 2019 nanti. Berkas dan persyaratan sudah beres, tinggal screening test nya. Nah, yg saya mau tanyakan soal untuk screening test nya itu multiple choice atau essay? Setiap sub sub materi uji ada berapa soal? Misalnya Welding Process 10 Nomer, NDT 20, Metallurgy 10.
    Terima kasih.

  50. Assalamulaikum mas, saya mahasiwa mau lulus D3 Teknik Mesin tahun ini Insya Allah, apakah sudah bisa memenuhi persyaratan masuk tes Welding Inspektor (WI) or Welding Engineer (WE) dengan hanya modal graduate D3 ? Teimakasih

  51. 1 kelas IWI B4T ada berapa orang mas kris? tiap gelombang kira2 berapa org ya yg daftar? takut nya ter eliminasi hehe.

  52. Kalau hari sabtu itu emang rutin mas kris masuk 2 minggu sekali hari sabtu masuk? Untuk hari sabtu nya itu ngapain ya mas?

  53. Halo mas saya lulusan fresh graduate dari D4 teknik mekatronika, ingin coba ngambil WI kira” Bisa gk ya mas?

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.